Bupati H.Mashuri SP.ME Memimpin Rapat Staf Tentang Pengelolaan Aset Daerah.

110

Metro independen – Bupati Bungo H.Mashuri,SP.,ME memimpin rapat staf berkenaan dengan pengelolaan aset daerah dan tugas fungsi lainnya di ruang utama kantor Bupati, Rabu (12/02/2020).

Dalam rapat staf tersebut, Bupati minta agar Kepala OPD dan Camat untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan benar sesuai dengan kewenangannya.

Terkait dengan pengelolaan aset daerah, Bupati menekankan perlunya parhatian khusus dari Kepala OPD dan Camat dalam penatausahaannya.

Bupati menegaskan bahwa tertib pengelolaan aset daerah, termasuk pencatatannya, akan mempengaruhi opini dari BPK. “Saya minta pencatatan aset daerah di OPD yang benar dan tertib ini harus segera diselesaikan” pinta Bupati.

“Kita sudah sepakat untuk tetap mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK” tambah Bupati.

Bagi aset daerah yang sudah rusak berat, tambahnya, dan atau ada yang belum ditemukan keberadaanya, karena pengadaannya sejak puluhan tahun yang lalu, agar dipindahkan pencatatannya pada akun Aset Tetap Lainnya di Daftar Inventaris OPD.

Bupati juga menekankan bahwa dalam Laporan Keuangan OPD tahun 2019, yang saat ini sedang disusun, agar juga sudah memindahkan aset yang rusak berat tadi ke dalam akun Aset Tetap lainnya.

Sementara itu sebelumya Kepala BPKAD Drs.Supriyadi,ME dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam pencatatan aset daerah di OPD masih mencatat aset yang rusak berat dan atau belum ditemukan ke dalam akun aset berkenaan. “Hal ini menurut auditor BPK harus dipindahkan ke akun aset tetap lainnya, sehingga pada akun aset berkenaan adalah benar-benar aset yang kondisi baik dan digunakan oleh OPD yang bersangkutan” kata Supriyadi.

Kepala BPKAD juga menegaskan bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) merupakan akumulasi dari Laporan Keuangan OPD.

“Untuk benar dan tertibnya Laporan Keuangan Pemerintah Daerah harus dimulai dengan benar dan tertibnya pencatan dalam Laporan keuangan OPD” kata Kepala BPKAD.

Rapat staf yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Ir.H.Indones,M.T.P. itu dihadiri oleh seluruh Kepala OPD dan para Camat dalam Kabupaten Bungo dan pejabat serta staf lainnya.( Team,red )

Silahkan Komentar Berita nya